SELAMAT DATAMG DI DESA PELANG KIDUL KECAMATAN KEDUNGGALAR KABUPATEN NGAWI

Artikel

BIMTEK PELATIHAN PENANAMAN JAMBU DESA PELANGKIDUL

25 November 2022 11:38:33  Administrator  95 Kali Dibaca  Berita Desa

pelangkidul.desa.id – Bimbingan Teknis (BIMTEK) merupakan suatu kegiatan pelatihan yang biasanya dilaksanakan oleh suatu Lembaga yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta. Sejalan dengan tujuan tersebut, Pemerintah Desa Pelangkidul melaksanakan kegiatan BIMTEK Pelatihan Penanaman Jambu pada Selasa (22/11/22) di Rumah Kepala Desa Pelangkidul. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa, perangkat desa, ketua RT, dan warga Desa Pelangkidul.

Pelaksanaan BIMTEK tersebut didasari oleh keinginan untuk meningkatkan pengetahuan dan minat masyarakat Pelangkidul dalam bercocok tanam sehingga dipilihlah bibit tanaman jambu karena tanaman ini sudah jarang ditemui di pekarangan warga. Bibit jambu yang dipilih adalah jenis Jambu Air Madu Deli Hijau (MDH) dan Jambu Kristal.

Kegiatan BIMTEK diawali dengan pembukaan, yang dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala Desa Pelangkidul, Sudarno. Dalam sambutannya, beliau memaparkan pengetahuan dan pengalamannya dalam merawat tanaman jambu selama bertahun-tahun. Selain itu beliau berharap agar ilmu dari pelatihan ini akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat menjadi peluang yang menguntungkan.

Selanjutnya pemaparan materi oleh Bapak Jumarin, yang meliputi pengenalan jenis-jenis jambu, keuntungan, cara menanam, pemeliharaan, dan panen tanaman jambu. Beliau juga memberikan motivasi untuk para peserta yang hadir untuk menekuni kegiatan tersebut agar kelak menuai hasil yang baik untuk kemajuan Desa Pelangkidul.

Saat sesi tanya jawab pun tak sedikit warga yang bertanya mengenai cara perawatan dan solusi untuk masalah yang mungkin terjadi saat merawat tanaman jambu. Setelah pertanyaan-pertanyaan tersebut terjawab, maka kegiatan tersebut diakhiri dengan penutup yang dilanjutkan dengan pembagian bibit jambu kepada peserta. Tiap peserta masing-masing mendapatkan 1 buah bibit Jambu Kristal dan 1 buah Jambu Air MDH.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next