SELAMAT DATAMG DI DESA PELANG KIDUL KECAMATAN KEDUNGGALAR KABUPATEN NGAWI

Artikel

BIMTEK PELATIHAN HIDROPONIK SAYURAN DESA PELANGKIDUL

16 Juli 2023 11:06:09  Administrator  77 Kali Dibaca  Berita Desa

pelangkidul.desa.id – Bimbingan Teknis (BIMTEK) merupakan suatu kegiatan pelatihan yang biasanya dilaksanakan oleh suatu Lembaga yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta. Sejalan dengan tujuan tersebut, Pemerintah Desa Pelangkidul melaksanakan kegiatan BIMTEK Hidroponik Sayuran pada Minggu (16/07/23) di Jogjakarta. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa, perangkat desa, BPD, Kelompok Tani se desa Pelangkidul dan Unsur lainnya.

Pelaksanaan BIMTEK tersebut didasari oleh keinginan desa untuk  meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai penanaman sayuran tidak hanya melalui media tanam tanah. Pelatihan ini dilakukan bekerja sama dengan Dewa Ponik Jogjakarta. Jenis sayuran yang ditanam bermacam – macam seperti bayam hijau, bayam merah, sawi, selada dan masih banyak lainnya.

Kegiatan BIMTEK diawali dengan pembukaan, yang dilanjutkan dengan materi ada 2 pengisi materi yaitu Pak Erdwin yang menjelaskan tentang materi bahwa tanaman hidroponik yang mudah ditanam adalah yang memiliki akar serabut yang usianya bulanan.

Sistem penanaman hidroponik ada 3 sistem air yang pertama yaitu sistem statis, kedua sistem rakit apung dan yang ketiga sistem misting (mengalir). Alat yang dibutuhkan dalam penanaman hidroponik yaitu air, rockwool dan vitamin ab mix. Hidroponik meminimalkan hama tanaman menyerang sehingga meminimalkan penyemprotan kimia.

Selanjutnya pemateri kedua yaitu Pak Ardi yang mempraktekkan cara menanam sayuran melalui hidroponik yang pertama yaitu pesemian biji menggunakan rockwool yang dimasukkan kedalam nampan, dan pastikan bahwa biji tersebut rutin terkena sinar matahari. Setelah dapat dipindahkan ketempat yang agar besar maka dapat dipindahkan fungsinya adalah agar akar tidak saling menempel. Dan masa pemanenan tergantung dengan jenis sayur nya untuk tanaman kangkung kurang lebih 23 hari sudah bisa dipanen, untuk bayam 18 hari dan untuk selada 1,5 bulan.

Saat sesi tanya jawab pun tak sedikit warga yang bertanya mengenai cara perawatan dan solusi untuk masalah yang mungkin terjadi saat merawat tanaman sayur. Setelah pertanyaan-pertanyaan tersebut terjawab, maka kegiatan tersebut diakhiri dengan penutup yang dilanjutkan dengan pembagian 1 set untuk menanam hidroponik kepada peserta.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next