SELAMAT DATAMG DI DESA PELANG KIDUL KECAMATAN KEDUNGGALAR KABUPATEN NGAWI

Artikel

Malam Tirakatan Hari Kemerdekaan RI yang Ke- 78 di Desa Pelangkidul

17 Agustus 2023 14:51:01  Administrator  61 Kali Dibaca  Berita Desa

Rabu, 16 Agustus 2023 di Balai Desa Pelangkidul. Pada malam ini semua undangan, dari mulai Perangkat Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, BPD, LPMD dan unsur yang lain mengikuti acara malam tirakatan HUT RI yang ke-78. Acara dimulai pada pukul 19.00 WIB (Bakda Isya’), seluruh tamu undangan yang hadir mengikuti acara demi acara dengan hikmat. Do’a dan Tahlil dipimpin langsung oleh Bapak Samsudin selaku Modin Desa Pelangkidul.

Malam tirakatan adalah tradisi masyarakat Jawa dalam menyambut HUT kemerdekaan RI yang dilakukan dengan berkumpul bersama di masing-masing RT, RW, atau desa pada 16 Agustus malam. Pada malam tirakatan, para warga menggelar doa bersama bagi para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan RI. Biasanya, malam tirakatan juga diisi dengan sambutan dari sesepuh atau tokoh setempat kemudian dilanjutkan dengan makan bersama. Salah satu makanan yang tidak absen dalam malam tirakatan 17 Agustus adalah tumpeng, seperti di Desa Pelangkidul setiap malam hari kemerdekaan Indonesia para tokoh – tokoh masyarakat berkumpul dan mengadakan Doa bersama. 

Dalam sambutannya, Bapak Sudarno menyampaikan bahwa acara pada hari ini adalah momen yang sangat bersejarah untuk kita semua, mengingat para pahlawan Indonesia berjuang mati – matian dalam membela NKRI dan alhamdulillah berkat perjuangan mereka kita dapat menikmati kemerdekaan ini

Semoga dengan mengingat sejarah ini, kita dapat terus berjuang untuk menjadikan Indonesia menjadi negara yang semakin maju dan berkembang.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next